PPP Bulu – Untuk meningkatkan perkembangan dan pelayanan Pemerintah dalam bidang Pelayanan Publik yang baik, transparansi dan terintegrasi dengan menggunakan perkembangan revolusi industri 4.0 maka perlu memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang umumnya kita sering menyebut berbasis IT. Maka, UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan melakukan kunjungan kerja untuk melihat penerapan Inovasi yang dimiliki UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Bulu yaitu E-SIMPELPAS.

Kunjungan kerja yang dilaksanakan selama 2 hari, 1-2 September 2020 dengan penerapan IT UPT PPP Mayangan menjadi salah satu poin penilaian Zona Integritas. Untuk menambah wawasan informasi publik kunjungan melakukan sharing terkait pelayanan kepelabuhanan E-SIMPELPAS yang dipaparkan oleh Tim Humas Tata Usaha yang menangani Aplikasi. Kunjungan yang di ketuai oleh Anton Nugroho, A.Pi selaku Kepala Seksi Tatakelola dan Pelayanan Usaha sangat tertarik dan berminat akan mengembangkan aplikasi serupa di tempat kerjanya.

Pembukaan Paparan Terkait Penerapan E-SIMPELPAS di Bulu

Kepala Pelabuhan yang diwakilkan Agus Subagijo, S.Pi selaku Kasie Pelayanan Teknis Pelabuhan yang selaku koordinator inovasi E-SIMPELPAS menjelaskan “Beberapa pelayanan yang tercakup dalam aplikasi meliputi permohonan rekom BBM, STBLK, rekapitulasi retribusi, prakiraan cuaca, dan selain itu juga dikenalkan Aplikasi MASDANIS (Manajemen Arsip Surat Disposisi Dinas) serta aplikasi yang kami buat memang masih dalam tahap penyempurnaan, semua jenis aplikasi itu 90% selalu update bertahap”.

Kunjungan Lapangan terkait kegiatan Lelang dan Bongkar Ikan

Di hari kedua Tim kunjungan melihat secara langsung proses bongkar hasil tangkapan di dermaga pelabuhan, serta kegiatan di Pelelangan ikan yang dampingi Tim Pelayanan Teknis Pelabuhan sebagaimana sesuai yang diagendakan dalam kunjungan kerja. Dengan Kegiatan ini dapat terjalin sinergitas pelabuhan yang good governance dengan pelayanan publik yang bersih dan transparan menuju WBK dan ZI.

 

  • Official Sosial Media :
  • Pages Facebook : UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Bulu
  • Instagram : @ppbulutuban
  • Twitter : @ppbulutuban