Untuk menunjang kebutuhan dan era industri 4.0 secara tidak langsung semua kegiatan yang kita lakukan berkaitan dengan teknologi, mulai dari berkomunikasi secara mudah melalui ponsel kita, itu merupakan salah satu contoh kecil pemanfaatan teknologi. Dirjen Aplikasi Informatika menyebut pentingnya tiga hal dalam melakukan transformasi digital di Indonesia, yaitu infrastruktur, regulasi, dan ekosistem.

Untuk melakukan perubahan kearah 4.0 Unit Pelaksana Teknis sejak tahun 2019 berupaya memberikan pelayanan dan informasi secara realtime dengan pemanfaatan IT. Mulai dari pelayanan terpadu menggunakan e-SIMPELPAS, disposisi secara online dan paperless melalui aplikasi yang mulai diimplementasikan yaitu MASDANIS, selain itu PPP Bulu juga memberikan data informasi secara rutin kepada masyarakatnya terkait situasi kondisi ketinggian gelombang melalui website.

Untuk memberikan pelayanan terbaik sesuai peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negeri dan Reformasi Birokrasi, Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggara Pelayanan Publik. Maka dari itu kami juga menyediakan Kuisioner IKM secara online yang termonitor secara realtime capaiainnya.

Berikut ini beberapa aplikasi dan sistem informasi kami :

e-SIMPELPAS (Sistem Informasi Manajemen Pelabuhan dan Pengguna Jasa)
Merupakan aplikasi pelayanan terpadu yang memberikan kemudahan bagi pengurusan dan penerbitan dokumen STBLK, Rekomendasi Pembelian BBM untuk nelayan, SKPI, Pembayaran Retribusi hingga proses pelaporan kegiatan secara realtime. Aplikasi ini terintegrasi Kartu Nelayan Cerdas RFID

MAS DANIS (Manajemen Arsip Surat dan Disposisi)
Merupakan inovasi dari bagian ketatausahan yang menangani kerasipan, surat masuk, dan disposisi secara realtime bisa diakses di masing-masing seksi terintegrasi email.

Website Prakiraan Cuaca Pelabuhan
Merupakan sistem informasi yang memberikan informasi secara realtime, yang bisa diakses secara online di alamat cuaca.pppbulu.com

e-Survei IKM
Merupakan Formulir Kuisioner secara online untuk memberikan penilaian dan ulasan tentang kami sebagai rujukan perubahan pelayanan publik kami untuk terciptanya optimalisasi maksimal.