PPP Bulu – Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat merupakan poin utama dalam mencapai pelayanan prima baik secara pelayanan administrasi dan kerarsipan, dengan adanya penerapan Sistem ter-database yang dikembangkan UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Bulu menjadikan pelabuhan yang perlahan berupaya menerapkan IT. Kali ini 18-19 Nopember 2020 UPT Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Muncar melakukan kunjungan studi tiru yang diketuai oleh Kasubbag Tata Usaha, setelah Cabdin KP Blitar yang melirik implementasi MASDANIS.

 

Kunjungan TIm Studi Tiru PPP Bulu

Apa sih MASDANIS itu?, MASDANIS merupakan nama pendek dari Aplikasi Manajemen Arsip Surat dan Disposisi yang berfungsi mengatur alur distribusi surat masuk dan melakukan manajemen arsip baik surat maupun file lainnya secara digital.

Kunjungan Tim PPP Muncar dalam kedatangannya menyampaikan untuk melihat secara detil alur dan mekanisme implementasi MASDANIS yang sudah berjalan sekitar 16 bulan, Kepala UPT PPP Muncar mengatakan bahwa “Pelabuhan Perikanan Pantai Bulu merupakan salah satu UPT yang benar-benar berupaya untuk menerapkan sistem berbasis IT” Kata Beliau.

Berbagai Inovasi sudah beliau pernah menggunakan saat menjadi Pimpinan di UPT PPP Bulu, salah satunya MASDANIS ini. Dengan adanya MASDANIS ini sistem disposisi semakin mudah dan tidak ada data yang terlewatkan, sehingga data tersampaikan tepat waktu dan kebijakan disposisi pimpinan bisa segera diberikan sistematik melalui reminder WA. Dalam kesempatan ini Tim Kunjungan secara langsung dijelaskan oleh Tim Pengembangan Inovasi berbasis IT di Pelabuhan Perikanan Pantai Bulu.

“Aplikasi MASDANIS ini sangat komplit dan cukup membantu, data arsip lebih tertata secara rapi dalam bentuk digital”

Dra.SUPINAH (Ka UPT PPP Muncar)

Sejak berjalan kurang lebih 7 Bulan, saya mendapatkan reminder atau notifikasi disposisi secara realtime dari handphone yang terkoneksi dengan email saya. MASDANIS ini sangat bagus.

SUPARNO, SE (Kasubag TU PPP Bulu)

Kunjungan Tim sangat yakin dan akan diadopsi secara sederhana alur yang ada sehingga mungkin tidak sekomplit yang dimiliki Pelabuhan Perikanan Pantai Bulu. Dengan studi tiru ini dapat menambah wawasan terkait pengembangan IT untuk pelabuhan perikanan pantai Muncar.

Rombongan Tim Studi Tiru PPP Muncar
Kasubbag TU selaku Ketua Tim Studi Tiru PPP Muncar bersama Ka UPT PPP Bulu