OKTRIA MUHAMMAD SHOLEH NPM. 1310180004STUD1

TENTANG PELAYANAN PENERBITAN SURAT TANDA BUKTI LAPOR KEDATANGAN KAPAL PERİKANAN Dl INSTALASI PELABUHAN PERİKANAN PANTAI BAWEAN KECAMATAN SANGKAPURA KABUPATEN GRESIK.

Untuk menjaga kelestarian ekosistem laut diperlukan penjagaan dari pihak pengelola kelautan dan perikanan agar tidak terjadi kerusakan eekosistem laut dan keselamatan masyarakat khususnya yang bekerja sebagai nelayan. Praktek Kerja Lapangan ini dilaksanakan di Instalasi pelabuhan perikanan pantai Bawean, adapun waktu pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan telah dilaksanakan pada tanggal 1 Desember sampai dengan 30 Desember 2020. Tujuan dari Praktek Kerja Lapangan ini adalah untuk lebih memahami bagaimana proses pelayanan penerbitan surat tanda bukti lapor kedatangan kapal perikanan di instalasi pelabuhan perikanan pantai Bawean.

Materi Praktek Kerja Lapangan meliputi : pengecekan dokumen kapal perikanan, dokumen nahkoda dan anak buah kapal, pengisian surat penerbitan.. Metode yang dipakai dalam Praktek Kerja Lapangan adalah metode deskriptif. Metode deskriptif adalah metode dalam meneliti sekelompok manusia, suatu objek, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Teknik pengambilan data dilakukan dengan dua cara, yaitu data primer (wawancara, partsipasi aktif) dan data sekunder (studi literatur, dokumentasi).

Pemeriksaan oleh pegawai instalasi pelabuhan perikanan pantai Bawean meliputi pengecekan dokumen kapal yang meliputi: sertifikat kelaikan, surat ukur, pas kapal, bükü kesehatan, SIPI/SIKPI, SIUP, sertifikat radio, SKAT, SKAI, SPB, SLO. Kemudian dilakukan penyalinan kedalam foam surat untuk diterbitkan.