NURDIN NPM.1310180010 STUDI TENTANG INSPEKSI PENDARATAN IKAN SEBAGAI KELAYAKAN DAN KEKUALITASAN IKAN YANG DIDARATKAN DI PELABUHAN PERIKANAN PANTAI BAWEAN KABUPATEN GRESIK PROVINSI JAWA TIMUR.
Inspeksi adalah proses pemeriksaan dengan metode pengamatan atau pengecekan menggunakan panca indra untuk mendeteksi masalah kesehatan ikan yang sedang diamati. Masalah kesehatan yang dideteksi berupa bentuk, warna, bau, tekstur, dan jenis. Inspeksi dilakukan pada saat kapal datang dan saat melakukan pendaratan ikan.
Maksud dari Praktek Kerja Lapangan tersebut untuk tentang Inspeksi Pendaratan Ikan di Instalasi Pelabuhan Perikanan Pantai Bawean. Adapun Tujuan dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ini adalah untuk mendapatkan pengetahuan, ketrampilan dan memahami Inspeksi Pendaratan Ikan di Instalasi
Pelabuhan Perikanan Pantau Bawean dengan memadukan pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah dengan kenyataan di lapangan.
Waktu pelaksanaan kegiatan Praktek Kerja Lapangan ini dilaksanakan pada tanggal 01 Desember sampai dengan 31 Desember 2020, di Instalasi Pelabuhan PerikananPantai Bawean Kabupaten Gresik.
Materi Praktek Kerja Lapangan ini meliputi : sistem mekanisme dan prosedur dalam inspeksi pendaratan ikan, waktu akan melakukan inspeksi pendaratan ikan, sarana dan prasarana pendaratan ikan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ini adalah dengan metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan study literatur yang meliputi data primer dan data sekunder.
Hasil dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan adalah dapat mengetahui petunjuk pelaksanaan inspeksi pendaratan ikan di pelabuhan perikanan, jenis ikan yang didaratkan, inspeksi ikan, produksi ikan selama tiga tahun terakhir, aktivitas pendaratan ikan, dan kualitas ikan yang baik. Kesimpulan bahwa inspeksi ikan adalah suatu pengamatan kondisi ikan yang menggunakan uji organoleptik. Uji organoleptik yaitu melalui penilaian sensorik menggunakan indera manusia. Saran bahwa seharusnya inspeksi ikan dilakukan secara cermat dan kensisten supaya benar-benar mengetahui kondisi ikan tersebut