PPP Bulu – Dengan ada perkembangan teknologi masa kini, Pelabuhan Perikanan Pantai Muncar melakukan penerapan Aplikasi Kesyahbandaran yang dilakukan di Pos Pelayanan Terpadu. Dalam kunjungan ke PPP Muncar melakukan studi tiru dalam penerapan pelayanan perbaikan, khususnya tempat docking kapal.

Bahwa dalam Pelaksanaan Pelayanan Kepelabuhanan di UPT. Pelabuhan Perikanan Pantai Bulu – Tuban yang seluruh pengguna jasa adalah nelayan dengan kapal – kapal berukuran kurang dari 30 GT, diperlukan adanya tambahan sarana tempat docking (slide way) sehingga kegiatan nelayan terutama dalam hal perbaikan dan perawatan kapal perikanan bisa terkoordinir dalam satu tempat, dan diharapkan sampah sisa perbaikan kapal bisa terkumpul dan tidak menyebar kedalam kolam labuh kapal perikanan.

 

Pelayanan SPB di Pelabuhan Perikanan Pantai Muncar

Untuk mengoptimalkan kegiatan pelayanan di PPP Muncar, mereka mengadopsi Aplikasi penginputan Kedatangan dan Keberangkatan Kapal Perikanan (Penerbitan STBLK – D mapun STBLK – B) sehingga dalam pengumpulan data jumlah kunjungan kapal, jumlah Produksi,jumlah STBK-B & D, dan Jumlah Penerbitan SPB dapat tercatat sepenuhnya.

Di Pelabuhan Perikanan Pantai Muncar melakukan kegiatan pelayanan seperti rekom BBM, SPB, SHTI dan kegiatan retribusi kepelabuhan. Dalam pelaksanaan Penarikan Jasa Kepelabuhanan (Tambah Labuh dan Jasa Kebersihan Kolam Labuh) dilaksanakan ketika pengurusan Surat Tanda Bukti Lapor Keberangkatan Kapal perikanan (SLBLK – B), melalui aplikasi data pencatatan kedatangan dan keberangkatan kapal yang telah diadopsi dari UPT PPP Muncar sehingga perhitungan nilai yang harus dipenuhi bisa lebih cepat dan mengurangi resiko kesalahan perhitungan.

Pemaparan Alur Kegiatan Pelayanan Terpadu
Meninjau Lokasi Docking Kapal di PPP Muncar