PPP Bulu – Untuk menempuh poin dalam Satuan Kredit Semester yang ditempuh dalam perkuliahan Seorang mahasiswa harus menempuh sebuah pengabdian masyarakat, Dimana salah satu nya Poin PKL dimana mahasiswa dituntut bisa memahami dunia kinerja dan mampu memecahkan masalah yang yang ada diseputar kawasan Pelabuhan.

Sesi Paparan Mahasiswi Yuyun Apriliyanti

Untuk menempuh SKS tersebut dua mahasiswi dari Universitas Diponegoro Semarang melakukan Praktek kerja Lapang di UPT pelabuhan Perikanan Pantai dengan mengambil studi penelitian terkait API dan manajemen sistem Informasi. Selama kurang lebih 15 (Lima Belas) hari meneliti dan melakukan wawancara terkait bahan penelitian. Diharapkan hasil penelitiannya memberikan dampak informatif dan perkembangan bagi masyarkat dan kemajuan teknologi di bidang perikanan.

Pada tanggal 15 April 2021 kedua mahasiswi melakukan paparan hasil kegiatan penelitian selama PKL dengan Tim Uji dari berbagi bidang sesuai dengan materi yang disampaikan, berikut Tim Uji :

  1. Kasie Pelayanan Teknis Pelabuhan (Pendamping Kegiatan PKL)
  2. Yudi Wibowo, S.Pi (Selaku Uji Materi Sistem Informasi SIRIP)
  3. Andhika Nur Afian, S.Kom (Selaku Uji Materi E-SIMPELPAS dan MASDANIS)
  4. Kiki Wibowo, S.Pi (Selaku Uji Materi PIPP dan Alat Penangkapan Ikan (API))

Berikut Judul Penelitian :

  1. Studi Alat Tangkap Jaring Insang (Gill Net) yang Ada di Pelabuhan Perikanan Pantai Bulu – Yuyun Apriliyanti
  2. Studi Manajemen Sistem Informasi yang ada di Pelabuhan Perikanan Pantai Bulu – Junia Larasi
Sesi Paparan Junia Larasati

Dengan hasil yang dipaparkan, masing-masing mendapatkan arahan dan koreksi terkait hasil pemahaman, sehingga ketika paparan di uji dosen pendamping PKL mampu memberikan penjelasan secara detail dan rinci terkait apa yang telah dilakukan pengambilan data di lapangan.

Galeri :

Penyerahan Surat Keterangan Hasil Praktek Kerja Lapangan