Istri nelayan mewakili proses pengajuan pendaftran untuk suaminya yang masih melaut

PPP Bulu – Dalam rangka meningkatkan ketrampilan khusus untuk masyarakat nelayan pesisir pantai utara Bulu Kompleks (Bulujowo, Bulumeduro, Banjarjo, dan Boncong) agar memiliki ketrampilan yaitu BST (Basic Safety Training dan SKK 30-60 Mil.đŸ“£


SKK 30 Mil adalah Surat Keterangan Ketrampilan berlayar hingga 30 mil dari garis pantai. Mereka yang memperoleh pelatihan adalah para pelaut yang sudah bekerja di kapal wisata, dengan ketrampilan yang diperoleh secara otodidak. Melalui program pelatihan, para ‘pelaut tradisional’ tersebut mendapatkan wawasan dan pengetahuan tentang aturan formal keselamatan berlayar. Jika 60 Mil berarti kita diperbolehkan berlayar hingga 60 Mil.

Antusias Nelayan untuk mendaftarkan diri


Untuk itu Dishubla bekerjasama dengan Layanan Terpadu PPP Bulu menjaring pendaftran SKK 30-60 Mil dan BST bagi nelayan yang belum memiliki surat ketrampilan.

Alhasil, antusias warga nelayan di awal pendaftaran hari Selasa (22/10/2019) cukup ramai peminat, kurang lebih 35 pendaftar yang mengajukan. Dengan kuota terbatas dan di tutup sewaktu-waktu.